top of page

5 Tradisi Imlek di Indonesia, Nomor 1 dan 3 Menarik Banget!


Sumber: Pinterest

Pemerintah Indonesia telah mengumumkan bahwa Tahun Baru Imlek 2574 Kongzili jatuh pada 22 Januari 2023 dan menetapkan 23 Januari 2023 sebagai cuti bersama!


Dalam kalender China, Hari Raya Imlek merupakan sebuah pergantian tahun. Imlek juga dianggap sebagai momen yang tepat untuk bersyukur atas segala sesuatu yang dicapai selama satu tahun ke belakang dan memohon keberuntungan untuk satu tahun ke depan.


Di Indonesia sendiri terdapat sejumlah tradisi yang dilaksanakan saat Tahun Baru Imlek, loh. Berikut adalah 5 tradisi Imlek yang menarik, simak artikel di bawah ini yuk!



1. Berbagi Angpao

Sumber: Pinterest

Siapa sih yang mampu menolak diberikan angpao? Eits, perlu diketahui bahwa momen berbagi angpao dikhususkan untuk orang yang lebih tua dan sudah menikah kepada keluarga maupun kerabat yang masih lajang. Tidak heran yah kalau tradisi ini sangat dinantikan oleh anak-anak dan para remaja.


2. Dekorasi Serba Warna Merah

Sumber: Pinterest

Ciri khas yang sangat melekat saat Imlek adalah penggunaan warna merah untuk segala bentuk dekorasi hingga pakaian yang dikenakan. Pasalnya, warna merah melambangkan kekuatan, kesejahteraan, dan keberuntungan. Oleh karena itu, masyarakat Tionghoa percaya bahwa warna merah pembawa rezeki, keberuntungan, atau hoki dalam hidupnya. Menariknya lagi, berdasarkan legenda asal usul Tahun Baru Imlek, warna merah dapat mengusir monster Nian atau sejenis makhluk buas yang hidup di dasar laut atau gunung loh, Faveur Buddies.


3. Atraksi Barongsai

Sumber: Pinterest

Pertunjukan barongsai adalah tradisi yang selalu hadir di setiap Tahun Baru Imlek dan tentunya sangat dinanti-nantikan oleh banyak orang loh. Biasanya, atraksi ini melibatkan dua orang yang mengenakan kostum naga untuk memerankan barongsai. Masyarakat Tionghoa percaya bahwa tarian barongsai dapat membawa kemakmuran dan keberuntungan untuk kehidupannya di tahun yang akan datang.


4. Berkumpul Bersama Keluarga

Sumber: Pinterest

Layaknya hari perayaan pada umumnya, Tahun Baru Imlek juga dijadikan sebagai momen untuk berkumpul bersama keluarga atau mengunjungi kerabat terdekat. Hal ini tentunya dilakukan untuk mempererat tali persaudaraan yah, Faveur Buddies.


5. Menyalakan Petasan dan Kembang Api

Sumber: Pinterest

Tradisi menyalakan petasan dan kembang api di Tahun Baru Imlek menjadi hal yang menarik, loh. Pasalnya, masyarakat Tionghoa percaya bahwa petasan dan kembang api dapat menakut-nakuti roh jahat dan binatang jahat bernama Nian, serta mengusir nasib buruk dari tahun sebelumnya. Selain itu suara letusan tersebut juga digunakan untuk menarik perhatian seorang jenderal China yang sangat dihormati, yaitu Guan Yu dan disembah sebagai dewa Tao.


Nah, itu dia 5 tradisi saat Tahun Baru Imlek di Indonesia, menarik bukan?


Setiap tradisi tentunya memiliki nilai sejarah dan kebaikan. Tetapi, yang terpenting adalah bagaimana kita memaknai momen Tahun Baru Imlek sebagai awalan yang baik dan menyambutnya dengan sepenuh hati.


Tentunya kita perlu dekorasi atau hiasan yang cantik dan unik dalam menyambut Tahun Baru Imlek 2023. Setuju kan, Faveur Buddies? Jangan risau, Faveur siap loh membantumu meriahkan momen spesial Imlek tahun ini dengan sejuta kreativitas yang menarik. Untuk informasi lebih lanjut, hubungi Faveur yaah!




bottom of page