Bunga Bisa Dimakan? Lihat 5 Jenis Bunga yang Bisa Dimakan atau Edible Flower di Sini!

#cake #floral #edibleflower


Tampilannya yang cantik dan memiliki wangi yang semerbak membuat bunga menjadi salah satu primadona bagi masyarakat. Banyak orang yang memilih untuk mengoleksi berbagai macam bunga dengan warna dan bentuk tertentu sebagai hiasan. Namun, tahukah kamu kalau ada beberapa bunga yang bisa kamu makan? Apakah bunga-bunga ini aman untuk dimakan? Simak poin-poin berikut, ya!


Carnation atau bunga anyelir (Dianthus caryophyllus)

Sumber: Website Unsplash dan Website Dreamstime


Bunga yang sering dilambangkan sebagai rasa cinta dan penghormatan ini ternyata adalah salah satu bunga yang bisa dikonsumsi. Umumnya, bunga ini dijadikan bahan untuk membuat wine serta permen. Bahkan, bunga ini juga menjadi hiasan kue, lho! Bunga ini banyak dikonsumsi karena manfaatnya untuk mengobati pusing, tenggorokan radang, serta masalah pencernaan. Wah, sehat banget!


Bunga Mawar

Sumber: Website Unsplash


Salah satu bunga yang populer di dunia, yaitu mawar, seringkali digunakan sebagai bahan makanan. Mulai dari kelopaknya, bunga mawar bisa menjadi hiasan kue tart. Hidangan khas Turki yang terkenal, yaitu Turkish Delight juga menggunakan kelopak mawar, kunyit, aprikot kering, kopi, dan kapulaga untuk bahan utamanya, lho! Bunga mawar juga berkhasiat untuk menjaga imunitas tubuh karena kandungan antioksidan yang dimiliki. Penasaran mau coba, kan?


Bunga Matahari

Sumber: Website Unsplash


Kalian tahu nggak, kalau pada awalnya, suku Indian membudidayakan bunga matahari untuk bahan makanan? Salah satu bagian dari bunga matahari yang sering diolah menjadi bahan makanan adalah biji bunga matahari. Biasanya, biji bunga matahari diolah menjadi tepung untuk membuat roti, kue, ataupun bubur. Selain itu, pasti banyak dari kalian yang familiar dengan makanan yang berasal dari bunga matahari, yaitu kuaci. Siapa, nih, pecinta kuaci?


Bunga Krisan

Sumber: Website Unsplash


Bunga yang memiliki nama lain Chrysanthemum coronarium ini juga seringkali diolah menjadi berbagai makanan. Kira-kira rasanya seperti apa, ya? Untuk kalian yang belum tahu, rasa bunga krisan ini menyerupai kembang kol, tetapi dengan sedikit rasa pahit. Bunga krisan seringkali diolah menjadi teh, tetapi bunga ini juga bisa diolah menjadi keripik, puding, hingga sup. Khasiatnya juga beragam, mulai dari mencegah flu serta menjaga kesehatan mata.


Bunga Telang

Sumber: Website Unsplash


Bunga telang terkenal karena warnanya yang unik, yaitu biru. Dengan khasiatnya, bunga telang seringkali dijadikan sebagai bahan pengobatan. Selain itu, bunga ini juga bisa diolah menjadi makanan maupun minuman. Beberapa makanan yang bisa diciptakan dari bunga telang adalah dadar gulung, puding, cookies, hingga nasi uduk! Khasiatnya yang kaya antioksidan membuat bunga telang semakin banyak dikreasikan menjadi makanan serta minuman. Apakah mau berminat mencoba?


Itu dia beberapa jenis bunga yang tidak hanya bisa kamu lihat keindahannya, tetapi juga bisa kamu konsumsi. Yuk, langsung saja ke dapur dan olah makanan lezat dan bergizi dari bunga-bunga ini! Supaya bahan masakan kamu lebih lengkap, kamu bisa lho melengkapinya dengan bunga-bunga segar dan terjangkau dari Faveur Florist! Ayo, cek sekarang!